Minggu, 07 November 2010

OLMA & OWB ALSA 2010


Puji syukur atas kehadirat Tuhan Yang Maha Esa yang telah melimpahkan segala rahmatnya sehingga beberapa waktu yang lalu tepatnya pada tanggal 27,28,dan 29 September 2010 untuk OLMA kemudian dilanjutkan OWB pada tanggal 9 – 10 Oktober 2010 yang diketuai oleh saudara Renadi Yogantara angkatan 2008 yang sekligus menjabat sebagai manager dari divisi R&D dari ALSA LC UNSOED itu sendiri berjalan dengan lancar meskipun ada sedikit kendala.
Kedua acara tersebut memang sudah menjadi ciri khas ALSA khususnya ALSA LC UNSOED dalam menyambut mahasiswa baru yang ingin bergabung dengan ALSA. Untuk acara pertama yaitu OLMA yang berarti Organizing, Leadership and Management of ALSA yang bertujuan tidak lain untuk memberi pengetahuan kepada mahasiswa baru akan organisasi, kepemimpinan dan menejemen dari ALSA itu sendiri. Acara ini sekaligus memperkenalkan atau menerangkan kepada mahasiawa baru seprti apa ALSA itu sebenarnya. Dari mulai sejarah berdirinya, siapa pendirinya dan orang – orang yang pernah memimpin ALSA atau biasa disebut Director pada periode sebelumnya, dan kegiatan – kegiatan rutin yang dilakukan ALSA tiap tahunnya.
Dokumentasi OLMA 27, 28, 29 September 2010 :



Acara kedua yaitu OWB atau Out Ward Bound. Acara ini merupakan implementasi dari OLMA sebelumnya yang dimana saat OLMA tersebut calon anggota ALSA diberikan sejumlah materi mengenai organisasi, kepemimpinan, dan majemen. Di OWB ini sendiri tidak hanya penerepan dari materi saja, namun juga secara tidak langsung mempererat hubungan antara calon anggota ALSA dengan anggota ALSA lainnya dan juga sebagai sarana refreshing karena acara OWB ini sendiri diadakan di daerah yang memang sangat nyaman dengan udaranya yang sejuk dan merupakan bagian dari obyek wisata kota Purwokerto yaitu tepatnya di daerah Baturraden sehingga para calon anggota baru bisa lebih dekat dengan alam.



Sejumlah acara sebagai penerapan dari materipun telah disajikan untuk para calon anggota baru ALSA 2010. Ada 4 permainan yang disajikan, dimana masing – masing permainan tersebut mengandung nilai – nilai yang sangat bermanfaat bagi calon anggota ALSA kelak. Permainan tersebut antara lain :
1.       Water Toxic
Dalam permainan ini, peserta dilatih untuk bekerja sama dan memenejemen peserta lainnya. Dimana kekompakan merupakan unsur yang wajib dalam permainan ini. Jika tidak, sudah dapat dipastikan peserta akan gagal menyelesaikan permainan ini.
2.       Menyalakan lilin dari yang satu ke yang lain dengan menggunakan alat seadanya.
Dalam permainan ini lebih mengedepankan kreatifitas dan ketelitian sekaligus kehati – hatian dalam menyalakan lilin yang lain. Hal positif yang dapat diambil dari permainan ini yaitu menyelesaikan masalah dengan apa yang ada disekitarnya. Dalam artian tidak bergantung pada pihak luar.
3.       Mengeluarkan suatu benda dari pipa yang berlubang.
Permainan ini merupakan gabungan dari 2 permainan diatas dimana salah satu peserta memenejemen peserta lainnya, berpikir kreatif, dan juga tidak kalah penting yaitu kekompakan antar peserta. Namun, dalam permainan ini tidak satupun kelompok dapat menyelesaikan permainan ini. Karena memang bisa diakui permainan ini sangatlah sulit.
4.       Nah, inilah permainan yang bisa dibilang paling ekstrem diantara yang lainnya yaitu menuruni tebing. Tebing dalam permainan ini tidaklah seekstrem yang aslinya, namun cukup menantang bagi sebagian peserta dan panitia. Sudah tentu, dipermainan ini yang dikedepankan ialah unsur keberanian. Hal ini dimaksudkan agar peserta dapat mengalahkan rasa takutnya dan memunculkan keberanian dalam dirinya. Secara tidak langsung juga menjadi pengalaman pertama yang mungkin tidak akan terlupakan olah peserta.
Berikut dokumentasinya :





             Kemudian acara terakhir yang paling sakral dari semua acara yaitu acara pelantikan. Dimana calon anggota baru ALSA telah resmi menjadi anggota ALSA 2010. Namun, pelantikan ini tidak seperti pelantikan - pelantikan pada umumnya yang bersifat formal tapi lebih ke sebuah kejutan yang memang sudah menjadi tradisi ALSA LC UNSOED itu sendiri. Berikut dokumentasi pelantikan pada hari minggu siang tanggal 10 Oktober 2010 :


Itulah sedikit penjelasan mengenai OLMA dan OWB sebagai acara penyambutan anggota baru ALSA LC UNSOED 2010 yang tidak seluruhnya merupakan mahasiswa baru angkatan 2010. Namun juga ada peserta dari angkatan sebelumnya yang ingin bergabung dengan ALSA. Diharapkan dengan bergabungnya anggota baru, akan menjadikan ALSA lebih eksis dan berjaya dari masa ke masa.
ALSA Always be One

Tidak ada komentar:

Posting Komentar